UTS - Pengantar Manajemen 1
UJIAN TENGAH SEMESTER
GASAL
2016
PENGANTAR
MANAJEMEN
DOSEN :
HJ.I.G.A.AJU NITYA DHARMANI
PETUNJUK MENGERJAKAN:
1. UNTUK
SOAL KASUS SILAHKAN PILIH SALAH SATU DARI 2 SOAL YANG ADA.
2. UNTUK
SOAL PILIHAN PERTANYAAN, SILAHKAN MEMILIH 5 SOAL DARI 20 SOAL YANG ADA
3. JAWABLAH
SESUAI DENGAN KEMAMPUAN ANDA DAN DIDUKUNG TEORI YANG ADA
4. 4
JAWABAN DIKIRIM KE EMAIL DOSEN dengan format penyimpanan : UTS PENGAMEN _
A.A/M. NIM DAN DI UPLOAD KE BLOG MAHASISWA.
SOAL KASUS PERTAMA :
Ayu RaI adalah pendiri,direktur
dan manajer umum dari semua operasi PT.Kian Sugiho Tenano sebuah pabrik plastik
di Sidokaryo . Suatu waktu Perusahaan tersebut diambil alih oleh suatu
perusahaan raksasa dan direorganisasi, dan Ayu Rai diangkat sebagai Direktur
yang baru, diperintahkan untuk mengembangkan struktur organisasi. Dia
melakukannya dengan berat hati karena dia selalu mengelola perusahaannya secara
informal. Setelah satu tahun memecahkan banyak masalah antar Departemen sendiri
dan bekerja 12 sampai 14 jam sehari menyadari bahwa penjualan menurun,laba
menyusut, dan banyak karyawan keluar dari perusahaannya. Masalahnya : Adalah
bagaimana mereorganisasi PT. Kian Sugiho Tenano menjadi suatu perusahaan yang
lebih profesional dengan meningkatkan penjualanya dan laba.
Pertanyaan :
1.Untuk mengembangkan Struktur Organisasi, perlu kiranya Ateng tahu terlebih dahulu tentang informasi apa yang diberikan oleh suatu Struktur Organisasi ?Jelaskan !!
1.Untuk mengembangkan Struktur Organisasi, perlu kiranya Ateng tahu terlebih dahulu tentang informasi apa yang diberikan oleh suatu Struktur Organisasi ?Jelaskan !!
Jawab : Perlu. Karena sebelum mereorganisasi struktur
organisasi yang diambil alih kepemilikannya maka pemilik baru harus mempelajari
ulang struktur organisasi perusahan dari pemilik sebelumnya dengan suka cita serta
rasa ikhlas bukan dengan hati yang berat. Karena lancarnya suatu proses
mereorganisasi tergantung dari 2 hal tersebut.
2.Cara-cara dan syarat-syarat
apa yang sebaiknya dilakukan agar Koordinasi yang dilaksanakan berjalan baik.
!!
Jawab : Cara yang dilakukan adalah dilakukan meeting atau
rapat dengan pihak – pihak terkait dengan perencanaan pe-reorganisasian yang
baru, mencatat semua topic yang akan dibahas. Syarat yang dilakukan adalah
menunjuk orang yang benar- benar bisa menjadi ketua koordinasi, dan mampu untuk
menjadi ketua koordinasi
3.Banyak kegagalan koordinasi
disebabkan oleh komunikasi, coba saudara jelaskan mengenai hambatan-hambatan
Komunikasi , dan bagaimana caranya untuk mengatasi hambatan tersebut.!!
Jawab : Hambatan komunikasi
adalah tidak lancarnya suatu proses komunikasi antara pemberi komunikasi kepada
si penerima informasi. Adapun hambatan tersbut antara lain, hambatan usia dan hambatan
budaya. Cara untuk mengatasi ketiga hambatan tersebut adalah untuk hambatan
usia, misalnya sedang berkomunikasi kepada orang tua yg usianya diatas 60 thn. Karena
usia terkadang orang tersebut sulit mengkap apa yang sedang kita sampaikan,
utamanya pada pendengaran. Cara yg dilakukan adalah kita memberikan komunikasi
dengan cara berbicara agak keras dan melakukan gerakan. Hambatan budaya,
dilakukan dengan cara menulis dengan benar tidak dengan bahasa yg sulit
dimengerti (kata-kata yang disingkat-singkat dengan cara menyingkat kata tidak
benar).
4.Salah satu factor penyebab
penunjang keberhasilan perusahaan adalah Staffing, atau penerimaan dan
penempatan pegawai , coba saudara jelaskan bagaimana staffing yang efektif itu
!!
Jawab : Staffing yang efektif
adalah pada waktu penerimaan pegawai harus sesuai dengan staff dan penempatan
apa yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Sangat perlu jabatan dan
penempatan tersebut dicantumkan disetiap iklan yang dipostingkan. Untuk waktu
juga harus diperhatikan kapan terakhir membutuhkan penerimaan dan penempatan
pegawai tersebut.
5.Ada dua jenis perintah, yaitu
perintah lisan dan tulisan. Jelaskan kapan perintah 2 tersebut diberikan !! Dan
sebutkan keuntungan dari kedua perintah tersebut !!
Jawab : Perintah lisan diberikan
pada saat atau di sela- sela waktu meeting rutin dihapadan semua peserta meeting
(karyawan) mulai dari lingkungan internal dan eksternal. Perintah tulisan
ditujukan kepada orang yang tertuju didalam perintah tersebut. Keuntungan dari
adanya kedua perintah tersebut adalah terlancar dan terlaksananya sebuah
perintah tersebut.
SOAL KASUS KEDUA :
Manajemen adalah suatu proses
untuk memperoleh tujuan organisasi melalui aktivitas perencanaan ,
pengorganisasian ,penggerakkan, pengendalian sumber daya manusia dan phisik
dari organisasi tersebut. Apabila Saudara seorang manajer yang melaksanakan
manajemen suatu perusahaan, kemudian perusahaan saudara membuat rencana
pengembangan perusahaan yaitu dengan perencanaan membuat anak perusahaan.
1.Kaitannya dengan rencana
pengembangan tersebut, coba saudara jelaskan hal2 atau langkah2 apa saja yang
akan saudara laksanakan !!.
2.Untuk pengorganisasiannya,
coba saudara uraikan mengenai lima langkah pengorganisasian , sebagaimana yang
tercakup dalam proses pengorganisasian ?Sebutkan berbagai kesalahan yang
biasanya terjadi dalam penyusunan organisasi !!
3.Sebagai kelengkapan organisasi
kita akan membuat bagan / struktur organisasi, apa yang dimaksud dengan bagan
organisasi / struktur organisasi tersebut ?
4.Apa bila pengorganisasian
telah selesai , maka akan dilaksanakan fungsi Actuating atau penggerakkan ,
apakah yang dimaksud dengan penggerakkan tersebut ? Kegiatan-kegiatan apa saja
yang terdapat dalam fungsi penggerakkan tersebut ?
5.Pengawasan (controlling)
adalah aktivitas yang mengusahakan agar pekerjaan2 terlaksana sesuai dengan rencana
yang ditetapkan dan atau hasil yang dikehendaki. Sebutkan langkah2 untuk
menjalankan pengawasan !! Jelaskan pula tentang pengawasan yang efektif !!
SOAL PILIHAN DENGAN 5 SOAL :
1.Apa yang
dimaksud dengan fungsi perencanaan ?
Jawab : Adalah
suatu usaha menentukan kegiatan yang akan dilakukan dimasa mendatang untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2.Meliputi kegiatan apa saja yang ditetapkan dalam perencanaan itu ?
Jawab :
Meliputi 5 W + 1 H. Apa yang dikerjakan, Siapa yang akan mengerjakan, Kapan
harus dikerjakan, Dimana kegiatan itu harus dikerjakan/dilakukan, Mengapa
mengerjakan, Bagaimana mengerjakannya.
3.Bagaimana
langkah atau proses perencanaan ?
Jawab : 1. Menetapkan
tujuan atau permasalahan yang akan dipecahkan dengan rencana tersebut, 2.
Mengumpulkan data yg relevan dengan masalahnya, 3. Menganalisa data yang telah
dikumpulkan, 4. Memilih alternative yang paling menguntungkan untuk dijadikan
keputusan.
4.Rencana disebut efektif bila memenuhi syarat-syarat tertentu. Jelaskan !!
Jawab ;
Rencana yang efektif dinilai dari segi : A. Kegunaannya, rencana akan efektif
apabila rencana itu berguna untuk mencapai tujuan. B. ketepatan waktu, rencana
akan efektif apabila mampu menjamin kletepatan waktu pelaksanya, C. Biaya,
rencana efektif adalah rencana yang disusun dan pelaksanaannya tidak memerlukan
biaya yang tinggi yang melebihihasil yg akan dicapai, d. stabilitas, rencana
yang mengandung tingkat stabilitas yang tinggi artinya rencana tersebut tidak
dirubah-rubah sampai jangka waktu tertentu.
5.Jelaskan pengertian Organisasi ? bedakan pengertiannya dgn pengorganisasian ?
Jawab :
Pengertian Organisasi adalah sekumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai
tujuan bersama. Berbeda dengan pengorganisasian yang memiliki arti yaitu suatu
proses pembagian kerja atau pengaturan kerja bersama dari para anggota suatu
organisasi
6.Bagaimana tahap-tahap cara pengorganisasian ?
7.Siapakah yang menyusun organisasi dalam suatu perusahaan!!
8.Apa yang dimaksud dengan fungsi Staffing ?
9.Jelaskan apa yg dimaksud dengan Promosi pegawai ?Tujuannya dan syarat2 diadakan promosi ?
10.Apa yang dimaksud dengan transfer atau pemindahan pegawai ? apa alasannya ?
11.Untuk meningkatkan prestasi kerja ,pegawai harus diberi motivasi. Sebutkan jenis jenis motivasi pegawai !! jelaskan !!
12.Sebutkan alat alat untuk memotivasi seseorang !!
13.Apa yang disebut dengan KOORDINASI ?
14.Sebutkan gejala kurangnya koordinasi dalam suatu organisasi !!
15.Sebutkan syarat-syarat agar koordinasi berhasil dengan baik !!
16.Apa arti Komunikasi ??
17.Sebutkan macam-macam komunikasi !!
18.Sebutkan hambatan-hambatan dalam komunikasi !!
19.Jelaskan pengertian kepemimpinan dari Ordway Tead !!
20.Jelaskan perbedaan pengertian pimpinan dan manajer ?
21.Faktorfaktor apa saja yang menentukan keberhasilan seorang pemimpin ?
22.Sebutkan beberapa macam tipe gaya kepeminan
23.Jelaskan apa arti Pengawasan !!
24.Sebutkan pula prinsip-prinsip pengawasan !!
25.Sebutkan karakteristik pengawasan yang efektif !!
SELAMAT
MENGERJAKAN .
Komentar
Posting Komentar